SEMINAR NASIONAL ILMU TERAPAN (SNITER) V TAHUN 2021 “Pandemic Recovery and Changes in Turbulent Times”

2021-11-28 17:37:42

Universitas Widya Kartika kembali menyelenggarakan Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER) 2021 pada hari Sabtu (21/11) dengan mengusung tema “Pandemic Recovery and Changes in Turbulent Times” secara daring. Dengan keynote speaker dr. Rony Kurniawan, M.Kes., PIA Wakil Direktur Pelayanan Medis RS PHC Surabaya. Bapak Filipus Priyo Suprobo, S.T., M.T., dosen program studi Arsitektur dan Rektor Universitas Widya Kartika dan Ibu Ferani Eva Zulvia, Ph.D., dosen program studi Teknik Logistik dan Direktur Pendidikan Universitas Pertamina. Jalannya penyampaian materi oleh narasumber dipandu oleh Bapak Leonardus Setia Budi Wibowo, Ph.D. sebagai moderator.

Narasumber pertama, dr. Rony Kurniawan, M.Kes., PIA. menyampaikan materinya tentang “Experience Sharing RS PHC Surabaya”, materi beliau berisi tentang pengalaman RS PHC dalam menghadapi pandemic covid-19, terutama saat menghadapi gelombang 1 dan gelombang 2. Untuk materi kedua, disampaikan oleh Bapak Filipus Priyo Suprobo, S.T., M.T., yang menyampaikan presentasi tentang “Dimensi Inovasi Lingkungan Kampung Hijau Dalam Surabaya Menuju Sustainable Green City”. Narasumber ketiga, yaitu Ibu Ferani Eva Zulvia, Ph.D. yang menyampaikan tentang “Data-driven operations strategy in warehouse management”.

Adapun beberapa kesimpulan yang dapat ditarik dari materi yang telah disampaikan oleh para narasumber antara lain RS PHC saat pandemic sangat memegang konsep 6M+1I, yaitu man, method, machine, material, money, market dan IT yang saling bersinergi. Pada materi kedua, untuk kota dan pemukiman yang berkelanjutan, maka diperlukan praktik baik dan implikasi praktis, sedangkan pada materi ketiga, dengan perkembangan jaman semakin maju maka pemanfaatan E-commerce serta Robotic Mobile Fullfilment System (RMFR) juga akan semakin meningkat.

Setelah penyampaian materi dari para keynote speaker, kegiatan seminar nasional dilanjutkan dengan sesi pararel. Terdapat lima ruang breakout room, yang terdiri dari room Teknologi 1 & 2, Bahasa 1 & 2 serta Ekonomi.

Kegiatan SNITER ini diharapkan dapat menjadi forum ilimiah tahunan yang mempertemukan para akademisi, praktisi ataupun industriawan dalam mewujudkan cita-cita membangun kedaulatan bangsa melalui sharing penelitian terapan, pengalaman, dan gagasan (ide) yang tertuang secara sistematis dalam bentuk makalah (paper) ilmiah.

Bagi yang ingin melihat jalannya SNITER 2021 bisa diakses di channel youtube Universitas Widya Kartika https://www.youtube.com/watch?v=Ene2UzrSD98